Minggu, 01 Mei 2011

Cara Memposting Artikel

Artikel adalah karya seseorang yang merupakan ekspresi pemikiran dituangkan dalam bentuk tulisan atau hasil karya. Artikel biasanya berbentuk karya tulis atau karangan, baik karangan non fiksi, karangan tak tentu panjangnya, karangan yang bertujuan untuk meyakinkan, mendidik, atau menghibur.  Sarana penyampaiannya biasanya berbentuk surat kabar, majalah, bulwtin dsb.  Wujud karangan sering berupa berita atau “kharkas” (Pranata 2002: 120)
Untuk membuat posting artikel di blog terlebih dahulu harus mengenal toolbar yang terdapat pada editing. Bentuk toolbar ini sebetulnya tidak berbeda dengan toolbar yang diggunakan microsoft Word ataupun microsoft Excel.
Cara penggunaan toolbar di atas terlebih dahulu kita harus memilih tulisan yang akan diedit kemudian blok dan tekan tombol toolbar yang di inginkan.

Langkah-langkah dalam memposting suatu artikel:

  1. Masuk ke area posting dan klik entri baru
  2. Sebaiknya klik terlebih dahulu “ Edit HTML”, untuk menghindari terjadinya hang pada komputer. Copy artikel yang telah dibuat sebelumnya dalam bentuk word, kemudian paste di area posting.
  3.  Klik tombol “ compose “ untuk melakukan editing (jika anda masih bingung dengan kode HTML).
  4. Klik tombol tool yang berlambang “ panorama ” berwarna biru, jika ingin memasukan gambar ataupun photo untuk memberi hiasan atau mempercantik karya.
  5. Klik tombol “ Preview “ untuk melihat hasil posting yang akan tampil dalam blog, atau mengetahui hasil editing
  6. Klik tombol “ publish “ jika artikel sudah dianggap selesai. Dengan pilihan ini berarti artikel telah dipublikasikan untuk dilihat dan dibaca oleh setiap orang yang membuka blog anda.